Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Windows 10

Ah, mengaktifkan mode gelap itu cuma dongeng. Di masa lalu, banyak pengguna merasa senang untuk menemukan keberadaan sesuatu yang disebut Royale Noir, pilihan tema gelap yang tersedia untuk Windows XP. Namun untuk alasan yang tidak diketahui, Microsoft telah membuat pengetahuan Royale Noir rahasia sampai beberapa pikiran terang ditemukan keberadaannya, dan sisanya adalah sejarah.

Dan hingga saat ini, Microsoft telah memperkenalkan pilihan tema gelap untuk Windows 10, dan sepertinya tampak cukup megah.

Sampai sekarang, Microsoft dianggap hanya bisa mengaktifkan mode gelap pada browser saja dan tidak lebih dari itu. Dan ini cukup membuat sedih para pengguna windows.

Untungnya, ada solusi yang sangat sederhana dan cepat untuk ini. Jadi jika kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang ingin mengaktifkan mode gelap di Windows lainnya 10, kamu bisa mengikuti langkah-kangkahnya berikut ini.

Langkah 1: Jalankan Registry Editor di Windwos 10 kamu

Sangat sederhana, di bar pencarian, cukup ketik "Regedit" tanpa tanda kutip dan klik pada icon kubus disintegrasi untuk menjalankan Registry Editor.

Tergantung pada pengaturan keamanan pc kamu, User Account Control mungkin meminta kamu untuk izin. Jika demikian, cukup klik saja "Ya."

Langkah 2: Mengakses Properti Direktori
Pada sidebar kiri adalah struktur direktori. Untuk berikut ini, cukup klik pada chevron samping nama direktori untuk memperluas dan menavigasi turun hierarki.
HKEY_CURRENT_USER -> SOFTWARE -> Microsoft -> Windows -> CurrentVersion -> Themes -> Personalize

Langkah 3: Lakukan Aktual Magicnya :D
Pada panel kanan, di area kosong, klik kanan dan pilih "New", lalu pilih "DWORD (32-bit) Value." [lihat gambar]

Sekarang kamu akan melihat entri baru pada panel kanan disebut "New Value # 1" disorot dengan warna biru.
Silahkan ubah nama "New Value" tadi menjadi "AppsUseLightTheme," dan sekarang kamu akan melihat entri baru dalam pane kanan disebut "AppsUseLightTheme" dengan nilai default diatur ke 0.

Selesai. Sekarang silahkan restart pc kamu dan lihat hasilnya.

Perlu kamu ingat !
Saat ini Mode gelap yang ada pada windwos 10 ini belum bersifat universal, karena beberapa aplikasi tidak sepenuhnya mendukung mode ini. Namun seperti tab Settings, dapat berubah ke mode gelap dan terlihat cukup menarik!

Microsoft memang harus menunda beberapa fitur untuk Windows 10 untuk rilis RTM pada tanggal 29 Juli, tapi masuknya pilihan untuk mengaktifkan tema gelap untuk Edge memberi kita harapan bahwa Microsoft akan menggelar pilihan sistem-lebar untuk mengaktifkan mode gelap ini tidak lama lagi.

Sekian ulasan kali ini tentang Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 10 atau Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Windows 10. semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar kamu jika ada yang belum kamu pahami.

No comments

Powered by Blogger.